Pesan Administrator

Di tengah-tengah meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, banyak diantara Pemuda Indonesia yang mempunyai bakat dan keahlian untuk menghasilkan karya-karya yang dapat menggerakkan roda perekonomian negeri ini. Para pemuda Indonesia tak pernah takut pada kondisi Bangsa dengan berbagai permasalahannya. Perjuangan pasca kemerdekaan mereka lanjutkan untuk belajar dari pengalaman yang dimiliki mereka masing-masing sehingga terciptalah hasil karya yang bermanfaat bagi semua masyarakat. Terbukti bahwa telah banyak dari pemuda yang berhasil mewujudkan keahlian mereka lewat industri kecil-menengah sampai karya-karya berbasis teknologi.

Bangsal pemuda merupakan sebuah komunitas yang dibangun secara online dan secara khusus disediakan bagi pemuda-pemuda Indonesia yang kreatif dan mandiri dalam berbagi Informasi mengenai dunia usaha dan ketrampilan. Bangsal Pemuda adalah wadah pemuda-pemudi yang kurang beruntung karna belum mendapatkan pekerjaan namun sebenarnya mampu bekerja. Dengan adanya komunitas ini, berbagai kalangan pemuda-pemudi dapat bersatu untuk saling berbagi ilmu antara satu dengan yang lain melalui karya-karya yang dihasilkan. Untuk siapa saja yang berminat silahkan bergabung bersama BANGSAL PEMUDA. Salam Pemuda!

Kayu Putih

 KAYU PUTIH
(Meialeuca leucadendra L)

Kayu Putih (Meialeuca leucadendra L) Famili Myrtaceae. Kayu putih dapat tumbuh di tanah tandus, tahan panas dan dapat bertunas kembali meskipun setelah terjadi kebakaran. Ciri-ciri pohon kayu putih mempunyai tinggi berkisar antara 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan.

Batang pohonnya tidak terlalu besar, dengan percabangan yang menggantung ke bawah. Daunnya tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling. Helaian daun berbentuk jorong atau lanset, dengan panjang 4,5-15 cm, lebar 0,75-4 cm, ujung dan pangkal daun runcing, tepi rata dan tulang daun hampir sejajar.

Perbungaan majemuk bentuk bulir, bunga berbentuk seperti lonceng, daun mahkota warna putih, kepala putik berwarna putih kekuningan, keluar di ujung percabangan. Buah panjang 2,5-3 mm, lebar 3-4 mm, warnanya coklat muda sampai coklat tua.

Manfaat Kayu putih
Kayu putih bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan setelah dilakukan penyulingan dan nantinya akan menghasilkan minyak atsiri. Bersama ini kami informasikan manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, diantaranya :

Anti Septic dan Bakteri
Minyak kayu putih ini sangat efisien dalam menanggulangi infeksi dari kuman, virus    dan jamur, seperti tetanus, influenza dan penyakit-penyakit menular lainnya seperti kolera, tipus dan sebagainya. Sebagai obat luar digunakan untuk luka yang disebabkan besi yang berkarat agar terlindung dari tetanus.

Insektisida dan Vermifuge
Minyak kayu putih sangat efisien dalam berkendaraan jauh agat tidak masuk angin dan membunuh serangga. Aroma yang kuat sehingga bisa ditambah cairan lain kemudian dimasukan ke semprotan dan digunakan untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya

Decongestant dan Expetorant
Kayu putih dapat dimanfaatkan untuk mengobatan gangguan pada hidung dan tenggorokan, organ pernapasan lainnya dan batuk serta infeksi lain yang menyebabkan radang tenggorokan dan bronchitis

Kosmetik dan Tonik
bermanfaat untuk menghaluskan dan dan mencerahkan kulit dan bebas dari infeksi sehingga banyak dipergunakan untuk kosmetik, dapat mencegah infeksi pada kulit tersebut maka dipergunakan jugu sebagai tonik (pelindung)
Perangsang dan Sudororific
Bermanfaat merangsang saraf-saraf pada tubuh, memberikan efek pemanasan dan mempelancar sirkulasi pengeluaran sehingga dapat membantu toksin dikeluarkan daru tubuh melalui saluran pengeluaran

Analgesik
bermanfaat mengurangi rasa sakit seperti sakit gigi, sakit kepala, sakit pada persendian, otot, pilek, demam dan lain-lain

Panas
bermanfaat untuk mengurangi demam yang disebabkan karena terjadinya infeksi dengan mengelurkannya melalui keringat sehingga bisa mendinginkan suhu tubuh

Udara
bermanfaat untuk mengeluarkan angin bagi penderita yang masuk angin, mencegah masuk angin serta membantu mengeluarkan angin yang ada dalam perut melalui saluran pembuangan

Anti Sakit SarafDengan minyak kayu putih dapat membantu mengurangi rasa sakit karena dapat mempelancar peredaran darah sehingga dapat mengurangi pembengkakan sehingga melonggarkan tekanan saraf-saraf di tenggorokan sehinga dapat membantu langsung di daerah sekitar sakit tersebut.

Hal-hal yang perlu di perhatikan : apabila dipergunakan sebagai obat dalam harus diperhatikan jangan dalam dosis banyak karena dapat menyebabkan iritasi.

Kayu putih dapat tumbuh di tanah tandus, tahan panas dan dapat bertunas kembali meskipun setelah terjadi kebakaran. Ciri-ciri pohon kayu putih mempunyai tinggi berkisar antara 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan.

Batang pohonnya tidak terlalu besar, dengan percabangan yang menggantung ke bawah. Daunnya tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling. Helaian daun berbentuk jorong atau lanset, dengan panjang 4,5-15 cm, lebar 0,75-4 cm, ujung dan pangkal daun runcing, tepi rata dan tulang daun hampir sejajar.

Ini bermanfaat untuk mengatasi sakit sarat di sekitar daerah mulut termasuk tenggorokan, telinga, amandel, pangkal hidung, hulu tenggorokan dan sekitarnya. Sakit parah akibat konpresi di sekitar tenggorokan yang disebabkan makan premen, makanan, banyak tertawa dan berteriak.

Dengan minyak kayu putih dapat membantu mengurangi rasa sakit karena dapat mempelancar peredaran darah sehingga dapat mengurangi pembengkakan sehingga melonggarkan tekanan saraf-saraf di tenggorokan sehinga dapat membantu langsung di daerah sekitar sakit tersebut.

Hal-hal yang perlu di perhatikan, apabila dipergunakan sebagai obat dalam harus diperhatikan jangan dalam dosis banyak karena dapat menyebabkan iritasi.
Posted By: Bangsal Pemuda

No comments:

Post a Comment